Senin, 04 September 2017

KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN

                        KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN



3.1 Pasar dan Persaingan
Pasar (market) adalah sekumpulan pembeli dan penjual barang atau jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok yang menentukan permintaan terhadap produk, dan para penjual sebagai kelompok menentukan penawaran terhadap produk.
Pasar kompetitif (competitive market) adalah pasar yang terdiri dari banyak sekali pembeli dan penjual sehingga pengaruh masing-masing terhadap harga pasar dapat diabaikan  karena sedemekian kecilnya.

Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna
Karakteristik persaingan sempurna, barang-barang yang ditawarkan semuanya sama, dan pembeli dan penjual sedemikian banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat mempengaruhi harga pasar.

3.2     Permintaan

Istilah Permintaan (demand) dan Penawaran (supply) merujuk pada perilaku orang ketika mereka berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar. Permintaan yaitu menggambarkan jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli.


Faktor yang mempengaruhi Permintaan

Qx  = f(Px, Py, I, T, E, Pop, Promosi)
Px   = harga barang X
Py   = harga barang lain (y) terkait 
I      = Income
T     = Selera
E     = ekspektasi harga barang (x) yang akan datang Pop = populasi penduduk

Penjelasan:

   •     Harga barang itu sendiri.
Mengikuti Hukum permintaanà kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat dan sebaliknya. (dengan menganggap hal lainnya tetap  -”ceteris paribus”).
Kasus pengecualian dari Hukum Permintaan:
a.      Barang yang memiliki unsur spekulasi (emas, saham, tanah)
b.      Barang luxury atau prestise (mobil mewah, benda seni tinggi, benda kuno, dll sejenis).
c.      Barang giffen (harga turun permintaan turun) akibat efek (-) pendapatan lebih besar dari efek (+) substitusi.

       Harga barang lain yang berkaitan.
Untuk barang substitusi à dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong peningkatan dalam permintaan terhadap barang kedua. Contoh: tiket KA dan jasa angkutan lain.
Untuk barang komplemen à dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong penurunan dalam permintaan barang lainnya. Contoh: gula dan kopi; komputer dan softwarenya; bensin dan mobil.
      Pendapatan.
Untuk Barang Normal, jika pendapatan meningkat akan mendorong peningkatan terhadap permintaan barang tersebut, dan sebaliknya dengan menganggap hal lainnya tetap. Sedangkan untuk Barang Inferior, jika pendapatan meningkat akan menimbulkan  penurunan terhadap kuantitas barang yang diminta tersebut, dengan menganggap hal lainnya tetap. Contoh: kendaraan angkutan umum; warung nasi tegal.
  •       Selera
Penentu yang paling jelas terhadap permintaan adalah selera. Jika anda menyukai suatu barang/makanan tertentu, maka anda akan membeli lebih banyak barang tersebut.
  •       Ekspektasi
Ekspektasi atau perkiraan anda mengenai masa mendatang dapat mempengaruhi permintaan anda terhadap barang atau jasa saat ini.
  •     Jumlah penduduk
  •     Promosi

Skedul Permintaan dan Kurve Permintaan dapat digambarkan seperti berikut:


Perubahan jumlah yang diminta vs Perubahan permintaan:

 Perubahan jumlah yang diminta terjadi sepanjang kurva (the move along curve) yang                
  disebabkan oleh perubahan harga barang.
 Perubahan permintaan disebabkan oleh perubahan faktor lain selain harga, à terjadi pergeseran 
  kurva naik atau turun (shifting curve)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar