KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN
3.1 Pasar dan Persaingan
Pasar (market) adalah sekumpulan pembeli dan
penjual barang atau jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok yang
menentukan permintaan terhadap produk, dan para penjual sebagai kelompok
menentukan penawaran terhadap produk.
Pasar
kompetitif (competitive market) adalah
pasar yang terdiri dari banyak sekali pembeli dan penjual sehingga pengaruh
masing-masing terhadap harga pasar dapat diabaikan karena sedemekian kecilnya.
Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna
Karakteristik
persaingan sempurna,
barang-barang yang ditawarkan semuanya sama, dan pembeli dan penjual sedemikian
banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat
mempengaruhi harga pasar.
3.2 Permintaan
Istilah
Permintaan (demand) dan Penawaran (supply) merujuk pada perilaku orang
ketika mereka berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar. Permintaan yaitu menggambarkan jumlah barang yang
ingin dan mampu dibeli oleh pembeli.Faktor yang mempengaruhi Permintaan
Qx = f(Px, Py, I, T, E, Pop, Promosi)
Px = harga barang X
Px = harga barang X
Py = harga barang lain (y) terkait
I = Income
I = Income
T = Selera
E = ekspektasi harga barang (x) yang akan datang Pop = populasi penduduk
Penjelasan:
• Harga barang itu sendiri.
Mengikuti Hukum permintaanà kuantitas yang diminta
menurun ketika harga sebuah barang meningkat dan sebaliknya. (dengan menganggap
hal lainnya tetap -”ceteris paribus”).
Kasus pengecualian dari Hukum Permintaan:
a.
Barang yang memiliki unsur spekulasi (emas, saham, tanah)
b.
Barang luxury atau prestise (mobil mewah, benda seni
tinggi, benda kuno, dll sejenis).
c.
Barang giffen (harga turun
permintaan turun) akibat efek (-) pendapatan lebih besar dari efek (+) substitusi.
• Harga barang lain yang berkaitan.
• Harga barang lain yang berkaitan.
Untuk barang substitusi
à dua barang dimana peningkatan harga barang
pertama mendorong peningkatan dalam permintaan terhadap barang kedua. Contoh:
tiket KA dan jasa angkutan lain.
Untuk barang komplemen
à dua barang dimana peningkatan harga barang
pertama mendorong penurunan dalam permintaan barang lainnya. Contoh: gula dan
kopi; komputer dan softwarenya; bensin dan mobil.
• Pendapatan.
• Pendapatan.
Untuk Barang Normal, jika pendapatan meningkat akan
mendorong peningkatan terhadap permintaan barang tersebut, dan sebaliknya
dengan menganggap hal lainnya tetap. Sedangkan untuk Barang Inferior, jika pendapatan meningkat akan
menimbulkan penurunan terhadap kuantitas
barang yang diminta tersebut, dengan menganggap hal lainnya tetap. Contoh:
kendaraan angkutan umum; warung nasi tegal.
• Selera
Penentu yang paling jelas terhadap permintaan adalah
selera. Jika anda menyukai suatu barang/makanan tertentu, maka anda akan
membeli lebih banyak barang tersebut.
• Ekspektasi
Ekspektasi atau perkiraan anda mengenai masa mendatang
dapat mempengaruhi permintaan anda terhadap barang atau jasa saat ini.
• Jumlah penduduk
• Promosi
Skedul Permintaan
dan Kurve Permintaan dapat digambarkan seperti berikut:
Perubahan jumlah
yang diminta vs Perubahan permintaan:
• Perubahan
jumlah yang diminta terjadi sepanjang kurva (the move along curve) yang
disebabkan oleh perubahan harga barang.
• Perubahan permintaan disebabkan oleh perubahan faktor lain selain harga, à terjadi pergeseran
kurva naik atau turun (shifting curve)
disebabkan oleh perubahan harga barang.
• Perubahan permintaan disebabkan oleh perubahan faktor lain selain harga, à terjadi pergeseran
kurva naik atau turun (shifting curve)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar