KONSUMEN, PRODUSEN, DAN EFISIENSI PASAR
5.1 Surplus Konsumen
• Surplus
Konsumen adalah kesediaan konsumen membayar dikurangi jumlah yang sebenarnya
dibayarkan konsumen.
• Kesediaan
membayar (willingness to pay) merupakan
jumlah maksimum yang mau dibayar oleh konsumen untuk memperoleh suatu barang.
Contoh: Mengukur
Surplus Konsumen untuk salah satu produk/jasa tertentu.
Calon
pembeli
|
Kesediaan
membayar
|
Abdul
|
Rp 100.000
|
Beni
|
Rp 80.000
|
Charles
|
Rp 70.000
|
Devi
|
Rp 50.000
|
(a) (b)
•
Pada panel (a)
harga barangnya Rp 80rb, maka
surplus konsumennya Rp20rb
•
Pada panel
(b), harga barangnya Rp70rb, surplus
konsumennya Rp40rb.
Bagaimana harga yang
lebih rendah meningkatkan surplus konsumen, bisa dianalisis dengan kurva di
bawah ini:
5.2 Surplus Produsen
Surplus Produsen:
jumlah pembayaran yang diterima penjual dikurangi biaya yang dipikulnya.
• Biaya (Cost) : Nilai segala sesuatu yang harus
dikorbankan penjual dalam memproduksi sesuatu barang. Contoh Mengukur Surplus Produsen:
Calon
Penjual
|
Biaya
|
Soni
|
Rp 900.000
|
Eddy
|
Rp 800.000
|
Lenny
|
Rp 600.000
|
Latif
|
Rp 500.000
|
• Sedangkan pada
panel (b) dimana harga produknya Rp800rb-an,
maka surplus produsennya Rp 500rb.
Bagaimana harga yang
lebih tinggi meningkatkan surplus produsen dapat dijelaskan dengan kurva
berikut ini:
5.3 Efisiensi Pasar
Efisiensi adalah kondisi ketika suatu alokasi sumber daya dapat
memaksimalkan surplus total yang diterima oleh setiap anggota masyarakat.
Surplus konsumen dan
surplus produsen adalah perangkat dasar yang digunakan para ekonom untuk
mempelajari kesejahteraan ekonomis para penjual dan pembeli di sebuah pasar Efisiensi
Pasar
• Surplus
konsumen = Nilai barang bagi pembeli – harga yang dibayarkan pembeli.
• Surplus
produsen = Harga yang diterima penjual – Biaya produksi yang dipikul penjual.
• Surplus
total = (Nilai barang bagi pembeli – Harga
yang dibayarkan pembeli) + (Harga yang penjual – Biaya
produksi yang dipikul penjual).
• Surplus
total =
Nilai barang bagi pembeli – Biaya produksi yang dipikul penjual.
Evaluasi Ekuilibrium
Pasar
• Surplus konsumen dan surplus produsen pada ekuilibrium pasar.
• Ekuilibrium
pasar akan memaksimalkan seluruh surplus produsen dan surplus konsumen menunjukkan terjadi Efisiensi Kuantitas Ekuilibrium
Tidak ada komentar:
Posting Komentar